Negara Vietnam

Posted: September 27, 2011 in Uncategorized

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hello readers!

Letak geografis Vietnam yaitu berbatasan dengan Cina di sebelah utara, Laos di sebelah barat laut, Kamboja di sebelah barat daya, dan Laut Cina Selatan di sebelah timur. Letaknya ini berada di kawasan Indocina. Letak astronomisnya adalah 1020 – 1090 BT dan 80 – 230 LU. Luas Vietnam kurang lebih 331.688 km2.

Daerah Vietnam terdiri atas bukit-bukit dan gunung-gunung berhutan lebat dan sedikit dataran rendah. Pegunungan Utara terletak di bagian barat laut. Puncak tertingginya adalah Fan-Si-Pan (3.143 m). Di wilayah bagian utara terdapat gunung Tsin Ho dan di bagian selatan terdapat gunung Chu Yang Sin.

Delta sungai Merah membentang dari pegunungan Utara sampai teluk Tonkin. Wilayah ini merupakan daerah pertanian.

Pegunungan Annam merupakan rangkaian pegunungan di wilayah barat dari pegunungan Utara sampai 80 km di utara Ho Chi Minh City.

Dataran pantai meliputi wilayah timur dan bagian tengah, membentang dari delta sungai Merah sampai sungai Mekong.

Delta Mekong terbentuk oleh sungai Mekong. Sungai Mekong merupakan sungai yang sering dilanda banjir setiap tahunnya. Vietnam beriklim tropis musim.

Bentuk pemerintahan Vietnam adalah republik sosialis dengan kepala negara presiden. Kepala pemerintahannya perdana menteri. Ibu kotanya Hanoi. Mata uang Vietnam adalah Dong. Bahasa nasionalnya adalah bahasa Vietnam. Agama yang dianut penduduknya adalah Buddha, Konghucu, Taoisme. Lagu kebangsaannya Tien Quan Ca (The March to the Front).

Mayoritas penduduknya adalah etnis Vietnam, Khmer, dan Cham. Kelompok etnis terbesar adalah etnis Vietnam/Kinh. Mereka tinggal di sekitar delta-delta endapan dan dataran rendah di tepi pantai. Orang Kinh memengaruhi kehidupan nasional melalui kontrol mereka dalam urusan-urusan politik dan ekonomi. Kebudayaan Vietnam berpegang teguh pada konfusianisme yang menekankan pada tugas-tugas yang bersifat kekeluargaan.

Pada masa lalu, Vietnam adalah negara jajahan Prancis dan Amerika. Vietnam merdeka pada tanggal 21 Juli 1954. Vietnam juga pernah mengalami perang saudara.

Sebagian besar mata pencaharian penduduk Vietnam adalah pertanian. Hasil utama pertaniaannya adalah padi. Vietnam telah berhasil membuat sejuta hektar sawah padi yang hasilnya diekspor ke berbagai negara termasuk Indonesia. Vietnam juga menghasilkan jagung, kapas, teh, tebu, ubi jalar, buah-buahan, dan tembakau. Hasil industri Vietnam diantaranya semen, pupuk, ban. dan tekstil. Hasil pertambangannya meliputi emas, bijih besi, timah, gamping, fosfat, dan seng.

Semoga bermanfaat!

#hehemaklumlahnamanyajugaanakgajeyapastipostingannyajugagaje :D

goodbye readers!

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s